Pages

Selasa, 18 Februari 2014

Inspirasi dari Rumah Cahaya

Inspirasi Dari Rumah Cahaya.  Saya tahu buku ini dari web Parenting Nabawiyah – yang diasuh oleh penulis buku tersebut, yaitu Ustadz Budi Ashari, yang wajahnya sering muncul di acara Khalifah di salah satu stasiun TV swasta. Lalu seorang sahabat dengan amat baik hatinya memesankan buku tersebut untuk saya sebagai hadiah :)

Judul buku: inspirasi dari Rumah Cahaya
Penulis: Budi Ashari, Lc
Penerbit: CS Publishing
Tebal: 175+xii

Saya membutuhkan waktu cukup lama untuk akhirnya bisa mengkhatamkan buku ini. Bukan, bukan karna buku ini sangat tebal – karna kenyataannya buku ini tak lebih dari 200 halaman. Lalu kenapa lama sekali? Karna sebuah pesan singkat dari si pemberi buku saat saya baru memulai membacanya, “semoga nggak hanya jadi buih, ya…”. Maka, saya berusaha sekali untuk membaca lalu menyerapnya sebaik mungkin – agar hikmah-hikmah di dalamnya tak hanya menjadi buih yang tak butuh waktu lama untuk hilang tanpa bekas.

Buku ini amat berbeda dengan buku-buku lain seputar rumah tangga yang pernah saya baca. Kalau buku-buku sebelumnya yang saya baca bisa dibilang bikin saya ‘mupeng’ pada beberapa bagian – karna menyuguhkan betapa indah kehidupan rumah tangga, maka tidak dengan buku ini. Inspirasi Dari Rumah Cahaya ini benar-benar sarat dengan ilmu dan focus mengangkat tentang bagaimana menjaga agar cahay dalam rumah tangga tidak pudar, dan menjadi ‘penghasil’ generasi luar biasa yang akan membesarkan Islam di muka bumi ini.

Saya suka sekali dengan buku ini. Meskipun mengangkat tema yang amat serius, tapi penyampaiannya amat ringan, bahasa yang digunakan pun amat sederhana sehingga mudah untuk dipahami. Penyusunan tema per bab juga menurut saya sistematis. Kelebihan lain dari buku ini, sekali lagi meskipun tergolong tipis, buku ini sangat ‘kaya’. Karna selain memaparkan konsep, buku ini juga dilengkapi dengan tips-tips aplikatif berkaitan dengan konsep yang dipaparkan, juga selipan kisah nyata. Lalu menjadi semakin kaya lagi dengan sisipan kisah-kisah teladan singkat.

Saya tipe orang yang tidak terlalu hobi membaca buku non-fiksi karna menurut saya membosankan. Tapi tidak dengan buku ini. Menurut saya buku ini sangat bagus untuk dibaca Umat Muslim, baik yang telah berumah tangga, maupun yang baru mempersiapkan rumah tangga – agar kita menjadi sadar, bahwa kita tak perlu mencari-cari ‘pedoman’ lain soal parenting dari sumber yang tidak relevan dengan Al-qur’an dan Sunnah, karna Islam sudah punya konsep parenting yang amat indah, yaitu parenting nabawiyah.

Walau bagaimanapun, karya manusia memang tidak bisa dihindarkan dari kekurangan. Pun dengan buku Inspirasi dari Rumah Cahaya ini. Kekurangan yang cukup mengganggu bagi saya adalah cukup banyaknya kesalahan pengetikan yang agak mengganggu. Juga sisipan kisah nyata yang penceritaannya kurang ‘nendang’. Selain itu, saya juga bertanya-tanya mengapa saya tidak bisa menemukan nomor ISBN di buku ini. Apakah itu berarti buku ini diterbitkan secara personal oleh pihak parenting nabawiyah?

Selain itu, setahu saya buku ini hanya dijual lewat website parenting nabawiyah, dan tidak dijual secara umum di toko buku. Betapa sayangnya buku sebagus ini tidak dijual secara umum, yang otomatis pasti akan membuat buku ini dikenal sangat terbatas. Ya, saya berharap sekali buku ini dijual di toko buku-toko buku besar, agar bisa diambil hikmahnya oleh masyarakat luas serta menjadi penyeimbang bagi menjamurnya buku-buku parenting berkonsep non Al-Qur’an dan Sunnah.

2 komentar: