Pages

Rabu, 23 April 2014

CINTAPUCCINO: Novel Yang Bikin Susah Move On

Kalo ada buku yang bikin saya nggak bisa move on, itu adalah Cintapuccino. Emm, thanks to Kak Uni dulu – yang bikin Cintapuccino kembali mampu saya genggam, tak hanya sekedar kenangan yang tertinggal.
Oke, akhirnya saya harus mengingkari komitmen saya untuk nggak curhat di blog ini L. Jadi kali ini mungkin akan lebih banyak muatan curhatnya. Yah, lagian kayaknya udah terlalu kadaluarsa kalo mau di review – udah jadi film segala, kan?!


Pertama kali baca buku ini adalah saat saya masih duduk di kelas satu SMA – benar-benar masa awal merasakan euphoria jadi kaum putih abu-abu, dari teman sekelas bernama Devi. Waktu itu saya belum banyak baca buku – ah, masa-masa itu membeli buku hampir nggak pernah terbersit sedikitpun di benak. Dan saya langsung jatuh cinta sama Cintapuccino ini – waktu itu devi minjemin 3 novel sekaligus. Emm, tapi mungkin – setelah baca novel ini lagi setelah bertahun-tahun hanya sekedar mengenangnya – saya jadi berasumsi bahwa buku ini ‘sekedar’ buku yang tepat pada moment yang pas.

Jadi gini, Cintapuccino bercerita tentang obsesi jaman SMA seorang Appraditha Arrahmi pada Dimas Geronimo, lengkap dengan berbagai ‘kekonyolannya’ demi Nimo. Dan ‘sialnya’ saya membaca kisah Rahmi untuk pertama kali itu tepat saat saya juga tengah merasakan perasaan teramat aneh – mirip yang dirasakan Rahmi pada Nimo. Yup, jadi… buku yang tepat di moment yang PAS – ngerti, kan? Saya benar-benar merasa buku ini ‘gue banget’ saat itu – dan saking menghayatinya, dan saking dalamnya perasaan saya saat itu pada ‘Nimo-ku’ mungkin adalah hal yang bikin saya susah banget move on dari buku ini.

Oke, tapi saya bersyukur akhirnya bisa baca Cintapuccino lagi – sekarang. Sebuah moment yang akhirnya bikin saya punya sudut pandang baru dalam menilai Cintapuccino. Sekali lagi, sebelumnya perspektif saya tentang buku ini kalo dibikin rate adalah lima bintang – bahkan kalo boleh kasih lima setengah mungkin akan saya kasih. Sempurna. Sekarang? Mungkin tiga setengah saja. Kenapa? Banyak factor. Beberapa diantaranya, mungkin seiring kuantitas buku yang sudah saya baca yang lumayan meningkat (seenggaknya dibanding jaman SMA dulu) membuat wawasan saya tentang buku bagus juga turut meningkat (sedikit). Selain itu, mungkin juga perubahan pemahaman saya tentang beberapa hal prinsip. Di beberapa postingan saya pernah bilang nggak nyaman baca novel yang di dalemnya ada ‘adegan horor’-nya. Dan, wow… saya tercengang – bagaimana mungkin saat saya masih duduk di bangku SMA membaca Cintapuccino yang… aahhh, sudahlah…

Tapi sepertinya latar belakang cerita pribadi yang mengiringi Cintapuccino masih cukup kuat buat saya. So, saya tetep suka sama buku ini. Dulu saya membaca novel ini dengan perasaan tak menentu. Dan ketika sekarang sava membacanya lagi, saya seperti sedang flash back ke masa itu – merasakan lagi sesak itu… lebih dari itu, saya terkenang ‘Nimo’-ku. Meski tak seperti Rahmi yang tetap menyimpan Nimo sebagai obsesi yang ingin dijadikannya nyata, saya tidak. Bagi saya dia adalah sejarah. Hanya sejarah – nggak lebih.

Dan hingga hari ini saya bahkan masih sangat marah pada Rahmi yang lebih memilih Nimo dibanding Raka. Marah sekali. Ya, saya susah sekali move on dari buku ini.

5 komentar:

  1. Semacam curhat terselubung ya kak? Hehee :D
    Aku malah belum pernah baca.

    BalasHapus
  2. Haha... iyaa mbakk *malu* ^-^

    BalasHapus
  3. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  4. Balasan
    1. Baik devyyy :))
      Aku pertama kali baca novel ini kan pinjeman dari kamu yaa :')

      Hapus