Pages

Senin, 13 Oktober 2014

HOW TO MASTER YOUR HABITS: Ibu Dari Semua Keahlian

Judul: How To Master Your Habits
Penulis: Felix Shiauw
Penerbit: Khilafah Press
No. ISBN: 9786029716429

Habits, atau yang biasa kita sebut sebagai kebiasaan adalah sesuatu yang sepertinya sepele dan tidak penting. Tapi apa benar seperti itu? Ternyata sama sekali tidak. Buku How To Master Your Habits ini menjelaskan secara rinci betapa habits adalah sesuatu yang amat penting bagi hidup kita.

“Habits adalah pelayan kita, pekerja kita. Seandainya kita telah cukup mengajarinya, maka mereka akan melakukan hal itu secara otomatis” (Hal. 36)

Habits merupakan suatu tindakan yang kita lakukan secara berulang, sehingga lama-kelamaan menjadi sesuatu yang tak terpisahkan dari diri kita. Ia telah menjelma bak program otomatis yang terinstal di alam bawah sadar kita. Contohnya, saat kita memasang alarm untuk bangun pagi jam 5, setelah beberapa lama kita akan secara otomatis tetap bangun jam 5 pagi meski tak lagi menyalakan alarm.

Semua orang memiliki habits yang berbeda-beda. Habits-habits kecil seperti makan berapa kali sehari, atau tidur jam mulai jam berapa, sampai habits-habits penting seperti membaca berapa lembar sehari, atau menulis berapa paragraph setiap hari. Ada orang-orang yang punya jauh lebih banyak habits baik dibanding habits buruk, ada pula yang sebaliknya. Maka, masuk dalam golongan yang manakah kita?

Lalu apakah habits baik bisa dibentuk jika saat ini yang kita miliki jauh lebih banyak habits kurang baiknya? Tentu saja bisa. Buku How To Master Your Habits ini menjelaskan secara lengkap, namun padat. Tidak panjang lebar dan membuat bosan seperti buku-buku motivasi pada umumnya. Buku ini menjelaskan tahapan-tahapan membentuk habit secara terperinci.

Menurut buku ini, habits sudah mulai bisa terbentuk setelah kita mengulang-ulangnya selama kurang lebih satu bulan (Hal. 65). Tentu saja dibutuhkan komitmen yang kuat untuk melakukan hal tersebut. Akan banyak sekali tantangan yang kita alami dalam proses pembentukan habits ini, dan tentu saja tantangan terbesar adalah diri kita sendiri.

Yang juga sangat ditekankan dalam buku ini adalah, habits merupakan ujung tombak bagi keahlian-keahlian yang kita miliki. Kita bisa ahli dalam satu bidang, ketika kita memiliki habits yang sudah melekat kuat sekian lama mengenai bidang tersebut.

“Sebuah penelitian menyampaikan bahwa seseorang baru akan menjadi ahli dalam bidang yang dia pilih apabila telah berlatih selama 10.000 jam di bidang tersebut.

Jika kita berlatih 3 jam sehari dalam bidang yang ingin kita kuasai, maka perlu 10 tahun bagi kita untuk mencapai 10.000 jam itu. Bila kita ingin 5 tahun menjadi seorang ahli, maka haruslah latihan itu kita tingkatkan 6 jam setiap hari” (Hal. 104)

Latihan 3 jam setiap hari atau 6 jam setiap hari itulah yang disebut sebagai habits. Dan hal tersebut mustahil kita lakukan tanpa komitmen yang kuat. Tapi, setiap keinginan dan cita-cita memang selalu diwarnai kesulitan dan tantangan? Termasuk keinginan untuk menjadi ahli dalam suatu bidang tentunya :)

“Ibu dari semua keahlian adalah repetisi (pengulangan), dan ayahnya adalah practice (latihan)” (Hal. 38)

Jadi bagaimana? Masihkah kita enggan mulai berusaha membentu habits-habits baik bagi hidup kita? Kalau kalian sedang ingin menciptakan habits-habits baik dalam keseharian seperti saya, buku ini cocok untuk menjadi salah satu bacaan wajib kalian ;)

4 komentar:

  1. Boleh juga nih buku.... masuk list deh... thank buat reviewnya

    BalasHapus
  2. Masih terus membiasakan diri nulis tiap hri spy jd habit yg baik
    Nice review btw :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. yg sedang saya perjuangkan saat ini juga habits itu mbak :)

      Hapus